Bukit Kapur Arosbaya – Madura

Bukit Kapur Arosbaya , Madura
PANDUAN DESTINASI :
Bukit kapur ini terletak di desa Buduran kecamatan Arosbaya –Kabupaten Bangkalan Madura , Bisa ditempuh kurang lebih 2 jam dari Surabaya .
– TRANSPORTASI
Untuk pergi ke lokasi in sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil jika bepergian lebih dari dua orang atau menggunakan sepeda motor , agar Anda bisa menikmati kuliner Madura dan perjalanan akan lebih terasa menyenangkan dan santai . Sewa Mobil 12 jam tanpa supir dan bbm sekitar Rp.300.000
– RENCANA PERJALANAN
Mulai pagi hari Anda bisa menikmati/hunting Sunsetdi Pantai Kenjeran kemudian menimati sarapan dengan kuliner khas Jawa Timur di Surabaya , lalu mengunjungi bukit kapur arosbaya dan lanjut hunting/menikmati sunset di lokasi Air Terjun Toroan di Ketapang- , dan kembali beristirahat di Surabaya pada malam hari nya.
– WAKTU
Jika Anda beniat memotret HI /penambang di lokasi sebaiknya datang di bawah pukul 11.00 siang karena penambang akan beristirahat mulai pkl.11.00 sd pukul 14.00 .

TIPS MEMOTRET
– Bawalah peralatan fotografi secukupnya, lensa lebar dan lesa sapu jagat sudah cukup dipakai untuk mengeksplorasi .
– Di lokasi parkir terdapat warung yang menjual minuman dalam botol dan makanan ringan, ada baiknya membawa bekal untuk di nikmati di sela sela hunting
– Usahakanmemakai pakaian yang kasual dan nyaman , kalau perlu bawa baju ganti karena biasanya hunting di siang hari di cuaca yang panas akan membuat keringat banyak keluar.
– Untuk berjaga jaga kalau hujan tidak ada salahnya membawa jas hujan dan drybag untuk melindungi perlatan fotografi Anda.

Bukiit Kapur AROSBAYA_Madura
Apabila anda sedang berada di Surabaya_Jawa Timur, sempatkan untuk mengunjungi bukit kapur yang unik di daerah Arosbaya.Awalnya bukit ini merupakan bukit biasa, tetapi sejak tahun 1950an dijadikan tempat penambangan batu oleh penduduk sekitar setempat untuk dijadikan bahan untuk pondasi rumah atau makam,dengan cara digali, dipahat dan digergaji,sehingga efek dari penambangan yang telah berlangsung lama tersebut membentuk bukit kapur menjadi seperti goa dengan bentuk arsitektur yang eksostis. Bukit ini terletak di desa Buduran kecamatan Arosbaya –Kabupaten Bangkalan Madura.
Anda dapat berkendara dengan mobil ataupun sepeda motor selama kurang lebih 2 jam . Untuk menuju kesana dari Surabaya, melintasi jembatan Suramadu menuju ke kota Bangkalan, setelah sampai di alun alun kota kemudin berbelok ke kanan mengambil jalur utara pulau madura, setelah sekitar ¾ perjalanan Anda akan menemui petunjuk ke arah “Pesarean Aer Mata ” ikuti saja petunjuk tersebut dan apabila di beberapa titik jalan Anda kurang yakin dengan jalan , berhentikan kendaraan anda dan bertanyalah dengan sopan ke penduduk sekitar di lokasi terebut.
Anda dapat memarkir kendaraan di depan lokasi parkir “Pesarean Aer Mata “,tempat ini adalah komplek pemakaman raja-raja Bangkalan danpermaisuri nya. Dan tempat ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang cukup ramai dikunjungi oleh rombongan peziarah dari dalam dan luar daerah Madura .Dari sini Anda berjalan kaki menuju bukit kapur yang berada di sebelah kiri komplek pemakaman, melewati jalan setapak yang cukup lebar dan beraspal dan perumahan penduduk di sisi jalan. Disarankan untuk tetap berlaku sopan dan sesekali menyapa dan memberikan senyuman kepada penduduk yang berada sepanjang perjalanan menuju lokasi. Dan ada baik membawa perbekalan seperti air minum dan camilan ringan, Anda dapat membelinya di warung di dekat lokasi parkir .
Jangan lupa membawa peralatan fotogarfi yang simpel, untuk memotret keunikan bukit batu ini gunakan lensa lebar (wide lens) dan kalau ada bawa juga lensa fish eye Anda atau menggunakan fixed untuk memotret.
Sebelum memasuki bukit ini, didepan Anda akan melihat tebing bukit menjulang membentuk sebuah dinding benteng dengan dengan tekstur pahatan yang simetris dan dan terlihat aktivitas penambang . Kemudian terus menyusur kedalam, mulai terlihatlah arsitekstur goa dengan dinding dan atap yang semakin unik. Didalam goa pun terlihat beberapa lokasi yang masih dijakan lokasi penambangan oleh para penambang.
Walaupun belum begitu populer, lokasi bukit kapur ini sudahmenjadi tempat tujuan hunting oleh beberapa komunitas fotografi yang ada di jawa timur dan bahkan ada juga yang dari luar jawa timur.

Caption Foto-Foto :
ObjekMenarik
1. Tebing Bukit

Foto 5
Bekaspenggalian/penambanganseolaholahmembentuktebingtebingbukitmenjadiseperti dindingbentengdangapura.

2. LorongdanDinding Goa

Foto 7
Guratan guratan bekas penggalian/penambangan mengukir dinding-dinding Goa danmembentuklorongloranggoadenganarsitektur yang eksostis , halinijugamenjadiobjekmenarikuntuk di foto .

3. Para Penambang Kapur

Para penambang dapat dijadikan objek utama untukmembuat foto foto HI (Human Interest) yang menarik .Cobalah beberapa angle saat memotret, termasuk dari sudut pandang yang berbeda.
Para penambang dapat dijadikan objek utama untukmembuat foto foto HI (Human Interest) yang menarik .Cobalah beberapa angle saat memotret, termasuk dari sudut pandang yang berbeda.

Dan Anda bisa bereksperimen membuat komposisi yang menarik didalam Goa, seperti membuat komposisid enganmem framingsubjek dengan objek objek bebatuan yang ada d idalam goa .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s