Menyusun Itinerary

Itinerary itu apa sih?

Detail rencana sebuah perjalanan, khususnya berisi daftar tempat-tempat yang akan di kunjungi, dan catatan rute perjalanan yang berisi informasi untuk seorang traveler untuk mengeksplore suatu tempat.

Penting gak sih itinerary buat traveler?

Kalau menurut saya membuat rencana perjalanan  sangatlah penting , apalagi buat orang yang mempunyai waktu/cuti terbatas dalam mengeksplore suatu tempat. karena itinerary biasanya berisi catatan detil  tentang destinasi  apa saja yang akan dikunjungi, bagaimana moda transportasinya, dan informasi informasi lainnya yang berguna sehingga bisa membuat perjalanan menjadi efektif termasuk penggunaan dana.

Mungkin ada sebagian traveler yang beranggapan bahwa rencana perjalanan malah dianggap sebagai gangguan dalam perjalanannanya.Tapi bagi “planned traveler” , rencana perjalanan merupakan suatu yang harus ada sebagai pegangan sehingga dapat membuat perjalanan menjadi lancar  . Tapi semuanya sih sah-sah saja tergantung pada gaya kesukaan masing-masing.

Bagimana sih menyusun itinerary ?

Sebelum menyusun itinerary  yang saya biasanya lakukan adalah ;

1. Melakukan riset  kecil kecilan lewat internet / googling tentang destinasi lewat blog-blog travel , membaca/ membeli buku panduan travel dalam dan luar negeri mengenai destinasi yang akan dituju dan  mengumpulkan contoh itinerary nya . Setelah cukup menndapatkan informasi yang dibutuhkan kemudian;

2 Menyesuaikan destinasi apa saja yang akan dikunjungi  dengan, waktu yg tersedia

Destinasi yang didapat dari buku panduan atau contoh itinerary yang telah didapat bisa kita tambah atau kurangi sesuai minat dan waktu . Buku panduan perjalanan  pada umumnya memuat beberapa alternatif pilihan bagi pembacanya. Setelah mendapat informasi yang cukup kemudian  mulai menyusun  ;

3. Itinerary

Saya biasanya agak detail dalam menyusun itinerary, sampai membuat perkiraan jam yang  digunakan untuk memperkirakan  seberapa banyak destinasi yang bisa kita tuju dalam sehari , dalam itinerary  juga dapat diditambah dengan peta dan informasi detail lain yang mungkin berguna seperti transaportasi yang akan digunakan denah menuju hotel dan tempat tempat makan yang ingin di coba.

Karena niat nya ingin jalan-jalan dan berlibur ,usahakan membuat itinerary senyaman mungkin. Jangan terlalu padat dan memaksakan diri mengunjungi tempat banyak sekaligus karena aji mumpung biasanya , perhitungkan jarak tempuh dari satu lokasi ke lokasi lain jika memungkinkan sediakan satu hari atau setengah hari berdiam diri di hostel untuk bersantai.

Happy Traveling…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s